Sejarah Singkat

http://gunungmekar-lampungtimur.desa.id/file/logo/lamtim.png

Desa Gunung Mekar atau yang dulu disebut Kampung Gunung Mekar, dibuka atau dirilis pada tanggal 01 Oktober 1971, sesuai dengan Surat Izin Pembukaan Lahan Tanah Negeri, nomor : 357/1.Agr/1971, dikeluarkan di Labuhan Maringgai dan ditanda tangani oleh Kepala Negeri Labuhan Maringgai kala itu Ismail Sandjaja. (sumber : Monografi Desa tahun 1978 update 1988)

Saat itu Ismail Sandjaja sebagai Kepala Negeri Labuhan Maringgai memberikan Izin kepada Abdullah Daud selaku Ketua Sekretaris Bersama Golkar Tingkat Kecamatan Labuhan Maringgai, untuk membuka Hutan Negeri guna penambahan Penduduk, dengan ketentuan mengutamakan penampungan perpindahan penduduk dari Hutan Gunung Balak.

Kedatangan orang-orang dari Gunung Balak berjumlah 30 orang yang melakukan rintisan dan penebangan pertama pada tanggal 20 Februari 1972. Setelah 30 orang tersebut masing-masing membuat gubug untuk tempat tinggal maka dibentuklah suatu organisasi kecil yang terdiri dari : Abdullah Daud (Ketua), Padmosuwito (Sekretaris), Jono (Kelompok I), Bari (Kelompok II), Junaidi (Kelompok III), Naryo (Kelompok IV) dan Akhyat (Keamanan). Mulai tahun itulah penduduk yang datang dari Gunung Balak dan daerah lainnya membuka/menggarap tanah tersebut dengan menanam kacang kedelai, jagung, singkong, pisang, dll.

Gunung Mekar pada awalnya masih menginduk kepada Kampung Gunung Sugih Kecil sebelum menjadi Kampung yang berdiri sendiri. Setelah beberapa bulan menjadi Pedukuhan Kampung Gunung Sugih Kecil, Gunung Mekar akhirnya melepaskan diri menjadi Pedukuhan sendiri dibawah bimbingan langsung Camat Kepala Wilayah kala itu Thamrin R.I. 

Kepala Desa pertama sekaligus pelopor pembukaan Desa Gunung Mekar Abdullah Daud meninggal diakhir tahun 1981. Kemudian Camat Jabung kala itu Drs. Nurdin Husein menugaskan A. Sujadi (Anggota Polisi Pamong Praja) untuk menjabat Kepala Desa Gunung Mekar, namun dengan qodrat illahi pada pertengahan tahun 1982 A. Sujadi meninggal dunia dan kemudian jabatan Kepala Desa dijabat oleh Sekretaris Desa kala itu Ali Usman Said, setelah 1 tahun pemerintahan keluarlah pengumuman dari Camat Kepala Wilayah Jabung tentang pemilihan Kepala Desa.

Pada akhir Bulan Desember 1984 terlaksana pemilihan Kepala Desa Gunung Mekar dengan aman dan tertib sesuai dengan Undang-undang dan peraturan Pemilihan Kepala Desa. Pemilihan Kepala Desa diikuti oleh 2 orang calon : Ali Johan Latif dan A. Umar Haris yang kemudian dimenangkan oleh A. Umar Haris. Beberapa bulan setelah itu tepatnya hari selasa, 12 Maret 1985 dilakukan pelantikan dengan dasar Surat Keputusan Bapak Bupati Nomor : B/29/B.I/HK/1985 untuk masa jabatan 8 (delapan) tahun.

Berikut Daftar Nama Kepala Desa Gunung Mekar dari masa kemasa :

  • Abdullah Daud (1974-1981)
  • A. Sujadi (1982) - Polisi Pamong Praja
  • Ali Usman Said (1982-1984) - Sekretaris Desa
  • A. Umar Haris (1985-2003)
  • Sutanto (2004-2017)
  • Edi Prayitno (2018-.....)

Sumber : Dirangkum dari Monografi Desa dan Sejarah Singkat Desa Gunung Mekar tahun 1978 update 1988/1989